29 November, 2009

PR dari Kang Gun

sy dapet insipirasi dikit hasil obrolan dengan temen2 di chating room.. dan bisa jadi bahan diskusi nyambung mengenai PR Kang Gun kemaren di chating room mengenai kesempatan OP.

1. nilai high / low sebelumnya bisa dijadikan patokan batas kekuatan seller dan buyer untuk prediksi kita hari ini..
-> maksudnya gini misal kita menggunakan daily.. nilai high sebelumnya = batas kekuatan buyer, dan nilai low sebelum = batas kekuatan seller..
2. batas kekuatan buyer / seller sebelumnya kita gambarkan dengan kg balance.
-> berarti kita musti tarik high / low sebelumnya dengan kg balance.. agar terploting pas tokyo open kekuatannya dah sampe dimana sih..
3. untuk mengkonfirmasi kekuatan buyer / sell kita menggunakan MA daily + BB nya, MA 8H, 4H atau bisa juga dengan LSMA nrp Daily..

nah terus apa hubungannya dengan PR-nya.. jadi gini, sy dapet kesimpulan nilai high / low periode daily sebelumnya akan menjadi nilai support dan resistant untuk prediksi kita hari ini. Kita telah mendapat penjelasan dari KG bahwa, trader adalah manusia dan memiliki kecenderungan meniru.. Apabila high sebelumnya sebagai resistant maka sell di resistant adalah kebiasaan para seller dan buy di support maka menjadi rule para buyer. Dan trend itu tidak ada, karena trend ada ketika sudah terjadi...

Selanjut mengenai kebiasaan tersebut kita amati apakah nilai high/low terbentuk duluankah ? Maksudnya gini, kalo nilai high terbentuk lebih dulu (sblm sesi amerika) maka nilai low akan terbentuk pada sesi amerika, dan nilai low tersebut akan digunakan para trader sesi asia sebagai level support sehingga keesokan harinya trader tokyo untuk nge-buy di support, volume transaksi bertambah dan kekuatan buyer > dari seller menyebabkan harga bergerak naik. Begitu juga sebaliknya apabila low terbentuk lebih dulu (sblm sesi amerika) dan high terbentuk di sesi amerika maka keesokan harinya sell diresistant akan menjadi kebiasaan para trader tokyo, volume transaksi meningkat dan kekuatan seller > dari buyer selanjutnya harga bergerak turun..
dan untuk memfilter pergerakan harga ini maka kita bisa menggunakan kg balance beserta definisinya dan konfirmasi dari MA pengarah. Dari sini akan ditambahkan rule dari para seller untuk nge-sell di bawah support dan para buyer yang ngebuy di resistant dan tentu saja apabila kekuatan buyer / seller ini mendominasi maka pergerakan hari ini menyebabkan breaout high / low periode sebelumnya..

jadi dapet kesimpulan lagi :

1. ketika MA Daily datar, trader tokyo cenderung buy di support dan sell di resistant..
2. ketika MA Daily dalam keadaan pointing down / pointing up tajam, maka trader tokyo lebih memilih untuk sell di support dan buy di resistant..

ini hanyalah sekedar sharing dari saya.. kalo yang lain punya ide silahkan dituliskan saja.. agar kita bisa bersama-sama menyelesaikan PR ini sebaik mungkin.. dan tidak di strap kayak tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar