28 September, 2009

Strategi menghadapi situasi retrace

Contoh strategi menghadapi situasi retrace..
Misalkan pada saat kita membuka chart MT4, seperti gambar ini..



Amati harga di garis vertikal warna magenta pk. 09.00 (waktu MT4).. dan kita akan coba menganalisanya.

Dari informasi yang kita kumpulkan di TF H4, H1 dan M30 kita bisa menyimpulkan pergerakan harga sedang turun ditandai dengan harga terdistribusi ub normal pada bb monthly, weekly, daily dan LSMA nrp pointing down.. tapi coba perhatikan TF M15, bentuk bb nya mulai menguncup, harga terdistribusi normal di area BB SD 1 dan LSMA nrp pointing up.. berdasarkan acuan TF H4, pergerakan tgl 21 s/d 25 September 2009 adalah turun. Dan pada TF H1, pergerakan 2 hari terakhir ini adalah turun. Lanjut TF M30, pergerakan tadi pagi turun drastis tetapi kok di M15 harga terlihat naik…? pergerakan apa ini ? kok tidak searah dengan bigmap nya? Begitulah pertanyaan yang ada dalam pikiran saya, trus bagaimana menghadapi situasi ini ?

Begini, yang pertama kita akan ukur dulu gelombang naik yang akan terbentuk dengan menggunakan high kemaren dan low yang pernah di capai hari ini. KG Fibo saya letakan di TF M15, ini gambarnya.


Berdasarkan informasi dari KG Fibo tersebut kita akan mengamati pergerakan harga pd posisi garis vertikal magenta, harga sudah mencapai batas retrace kecil dan batas selanjutnya yang akan dicapai adalah level balance. Selanjutnya kita amati harga ketika mencapai batas dinamisnya yaitu middle bb 8 h, upper bb 8 H SD 1,2,3 dan juga pada TF M30, lower bb daily sd 1, middle bb daily dan upper bb daily sd 1. Selanjutnya amati bentuk bb 8h dan amati LSMA nrp / arahan MA2 kecil 1H,2H,4H. dan begitu pula kalo harga berhasil terdistribusi normal di bb daily sd 1. Setelah mengamati, kapan kita akan OP ? posisi yang cukup aman untuk OP adalah buy di lower bb dan sell di upper bb sd 1. Dan tentu saja kita akan menggunakan arahan dari MA2 kecil / LSMA nrpnya dan menggunakan analisa big map sebagai panduan kita. Stop loss ditempatkan di area upper / lower BB SD 3.

Jadi secara garis besar strateginya sbb :
1.Gambar garis fibo untuk mengukur gelombang retrace yang terjadi. Cara menggambar garis fibo harian adalah dengan mengamati perubahan warna pada LSMA nrp nya sehingga kita dapat dengan mudah mendapatkan nilai high low nya.
2.Amati harga ketika mencapai batas retrace kecil dan level balancenya, selanjutnya amati harga ketika mencapai lower, middle dan upper bb sd 1 nya.
3.OP buy di lower bb dan sell di upper bb sd 1, sesuai dengan arahan MA2 kecil / LSMA nrp dan menggunakan analisa big map sebagai panduan kita.
4.Stop loss kita letakan di upper / lower bb sd 3.

Semoga strategi ini bisa membantu kita mengatasi kondisi2 retrace, karena kita tidak pernah tahu kemana harga akan bergerak di masa mendatang..

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar